Cara Mendapatkan Posisi yang Aman Saat Berhadapan dengan Komputer

Mungkin dianggap sepele, meski keluhan sakit kepala, dan mata lelah sering menyerang pengguna saat bekerja seharian di depan komputer. Setelah duduk selama 15-20 menit maka otot-otot biasanya mulai letih dan terasa nyeri.

Posisi yang salah dapat menyebabkan otot-otot pinggang menjadi tegang sehingga merusak jaringan lunak di sekitarnya. Dr. Henry Chang menjelaskan jika kondisi tersebut terus berlanjut maka akan dapat menyebabkan penekanan pada bantalan saraf tulang belakang yang menyebabkan hernia nukleus pulposus, yaitu saraf tulang belakang terjepit di antara kedua ruas tulang belakang. Akibatnya, selain nyeri pinggang, rasa kesemutan akan menjalar dari tungkai sampai ke kaki, yang bila parah dapat menyebabkan kelumpuhan.

Selain itu, posisi yang salah dapat memunculkan risiko terkena gangguan Computer Vision Syndrome (CVS), yaitu gangguan kesehatan akibat berlama-lama menggunakan komputer. Wujud keluhannya antara lain mata lelah dan kering, sakit kepala, mual-mual hingga muntah. Sindrom penglihatan akibat komputer ini memang belum lama berkembang. Asosiasi Optometri Amerika baru menduga gangguan ini sekitar tahun 1990-an. Di tahun itu pengguna komputer mulai marak dan keluhan seputar kelelahan mata terus bertambah. Diperkirakan ada sekitar 60 juta orang Amerika yang menderita CVS.

Dr.Raynard Klooch dan timnya melakukan penelitian terhadap muridsekolah di Skandinavia. Hasilnya, dari 41,6 persen murid yang menderita nyeri pinggang bawah selama duduk di kelas, 30 persen di antaranya duduk selama satu jam, dan 70 persen lebih dari satu jam. Dr. Raynard, dalam bukunya, The Guideline to the Occupational Health and Safety Act, menunjukkan cara untuk menghindari risiko otot tegang dan gejala lainnya.

Pastikan bahwa:

1. Cukup tempat di meja Anda untuk menata posisi yang paling nyaman untuk cpu, monitor, keyboard, mouse, printer, penyangga buku, dan peranti lain seperti telepon.

2. Atur meja Anda dengan mempertimbangkan bagaimana perangkat itu akan digunakan . Perangkat yang paling sering digunakan, mislnya mouse dan telepon, harus ditempatkan pada posisi yang paling dijangkau.

3. Atur pencahayaan ruang kerja Anda secara optimal. Cahaya yang terlalu kuat, akan mengakibatkan tampilan monitor tidak tajam sementara cahaya yang rendah berpotensi untuk menyebabkan gangguan  pada mata. Hindari lampu yang menyorot langsung ke monitor karena akan memunculkan pantulan di layar. Usahakan agar posisinya sejajar terhadap jendela. Jangan berhadapan atau membelakangi.

4. Buku, laporan, atau bahan cetakan lain yang dibutuhkan dalam bekerja dengan komputer sebaiknya  diletakkan di dekat monitor, bisa di bawah atau di sampingnya.
Semoga Bermanfaat by +Bungas Zahid
Tag : Dunia IT
10 Komentar untuk "Cara Mendapatkan Posisi yang Aman Saat Berhadapan dengan Komputer"

bermanfaat sekali infonya, bekerja dgn komputer memang harus diperhitungkan secara serius agar tdk menimbulkan efek negatif pada mata :D

terkadang saya tak sengaja bongkok sendiri ketika duduk tuh mas :D jadinya pegel deh

Ini postingan buat mbag juragan :D. . . yang tiap hari berhadapan dengan komputer . . . jangan Larut dengan DOllar terus :D . . . Perharikan juga kesehatannya . . karna kesehatan akan menghasilkan dollar yang banyak pula . . :P

wahh . . . itu bahaya mas. . . ayou jaga kesehatan sahabat blogger . . agar tetap ngblog dengan lancar :D

saya juga sering membungkuk ke depan. dan dampaknya pinggang sering pegel. tapi sepertinya sulit mengubah kebiasaan seperti ini

jangan dibiasakan sob. . . inget hari tua nanti . . . jadi nya jaga kesehatan dari sekarang :D . . . semoga sehat selalu buat sahabat semua

sama-sama gan . . terima kasih juga sudah mampir disini . .

silahkan gan . .terima kasih sudah mampir disini . . selamat mencoba gan . . :)

Back To Top