Tips masakan Cara Membuat Bubur Ayam Asyura

Kali ini saya menuliskan tentang resep makanan yang berjudul Tips masakan Cara Membuat Bubur Ayam Asyura dimana makanan ini biasanya disajikan pada tanggal 10 Muharram, dimana pada hari itu umat Islam di tanah Jawa memperingatinya dengan mempersiapkan nasi bubur hangat dengan lauk pauknya. Yaitu Sambal Goreng Krecek (Kulit Sapi), Urap-urap Sayur, Sambal Goreng Tempe, Abon, Kacang Goreng, Kacang Kedele Hitam Goreng, Telur, Daging dll.

Bubur beras ini dimasak dengan santan dan dihidangkan panas-panas itu pula, memberikan makna bagaimana cara mengkonsumsi bubur panas. Strategi melahap bubur panas memang ada, yaitu mengambilnya sedikit-sedikit dari pinggir secara memutar. Hal ini mencerminkan kehebatan Rasulullah saat perang Khandaq. Beliau bergerak dari pinggir melakukan serangan-serangan dan menuju ke tengah. Dan atau beliau membuat parit-parit (Khandaq) agar supaya parit ini menghalangi merekan untuk masuk.

Nah strategi yang sama kita lakukan saat makan bubur Asyura. Orang Jawa sering mengumpamakan fenomena-fenomana berdasarkan simbol. Hal ini disebabkan karena belum ada komunikasi tulis, yang ada adalah mengekspresikan lewat simbol-simbol seperti ini. Inilah Bubur Asyura


 
Bahan
  • Beras
  • Air
  • Santan
Bumbu
  • Garam
Cara membuat

1. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan beras.
2. Aduk terus air dan beras ini sampai menyusut airnya.
3. Terakhir tambahkan santan dan garam.
4. Hidangkan dengan lauk pauk seperti disebutkan di atas.
Selamat mencoba by +Bungas Zahid
Tag : Tips Memasak
0 Komentar untuk "Tips masakan Cara Membuat Bubur Ayam Asyura"

Back To Top