Hal yang Harus Di Perhatikan Ketika Ingin Wawancara

Salam sehat buat para blogger Indonesia kali ini saya menuliskan sebuah artikel yang berjudul, Cara wawancara enjoy dan tidak menegangkan agar semuanya baik-baik saja. Mungkin anda sering tegang saat di wawancarai, Silahkan lanjutkan membaca artikel di bawah ini.

Maksudnya ketika anda mendaftar ke sebuah perguruan tinggi ,  perusahaan, atau organisasi dan institusi lainnya, kebanyakan kita semua sering sekali gemetar atau tegang disaat sesuatu yang anda inginkan itu sedang anda hadapi. Jalan untuk mendapatkannya melalui tes wawancara. Begitu ditanya oleh pewawancara kita sering kali lupa dengan apa yang kita ingin katakan, maka dari itu anda harus memiliki sikap mental yang kuat untuk mengahadapi berbagai macam pertanyaan yang di lontarkan oleh si pewawancara. 

tes wawancara 

Dari hal di atas bahwasannya wawancara itu tergantung dari skill yang anda miliki. Karna sering kali anda ditanyakan kemampuan anda apa dan kekurangan anda apa. Jika anda memiliki skill maka partanyaan tersebut akan anda jawab dari pengalaman - pengalaman yang pernah anda lakukan sebelumnya. Sebuah pengalaman akan membuat anda percaya diri untuk menyampaikan hal yang pernah anda lakukan sebelumnya kepada orang lain yang bertanya kepada anda. Karna dengan sendirinya orang lain akan menumbuhkan keyakinan terhadap anda. 

Berbicara mengenai pengalaman, seberapa banyakkah pengalaman anda dalam menjalani bidang yang anda lalui sekarang ini, setiap pengalaman yang gagal akan merangkai kesuksesan anda nantinya.

Namun tidak semua perusahaan atau organisasi lainnya membutuhkan "Pengalaman". Saya pernah melihat sebuah brosur yang mencari pekerja, disana tertuliskan "Kami tidak butuh pengalaman, Kami hanya mebutuhkan keinginan". Dari kalimat yang dituliskan perusahaan tersebut tidak membutuhkan orang yang berpenglaman tetapi dia membutuhkan orang yang mempunyai keinginan. Bagaimana dengan hal yang ini, Nah setelah saya selidiki ternyata hal yang seperti ini sesuai dengan Visi dan Misi dari suatu perusahaan tersebut.

Lalu bagaimana agar kita relax saat menghadapi si pewawancara dan bagaimana etika untuk mengahadapinya? :

1.Disaat anda memasuki ruang wawancara ketuklah pintu dan menyampaikan salam kepada pewawancara.

2.Sebelum di persilahkan duduk jangan duduk terlebih dahulu karna disanalah dia akan menilai etika anda,jika tidak di persilahkan duduk maka andalah yang memberitahukan kepada pewawancara "Bolehkah saya duduk disini" dan silahkan duduk sesudah dipersilahkan.

3.Sesudah anda duduk taruhlah barang bawaan di bawah anda  dan letakkan telapak tangan di atas paha karna itu termasuk etika yang sopan.

4.Tersenyumlah dengan ikhlas dan pancarkan kharisma yang anda miliki karna itu bisa membuat si pewawancara tetarik untuk menerima anda.

5.Disaat anda Bercakap pastikan bau mulut anda segar karna disana kebersihan anda akan dinilai

6.Tarik nafas agar anda tidak gemetar.

7.Berbicaralah dengan tenang dan sopan dengan menggunakan bahasa baku yang baik dan benar


Jika sudah diterima lakukanlah dengan apa yang anda katakan saat anda wawancara.Jangan menjadi orang yang hanya pandai berbicara tetapi tidak sesuai dengan apa yang dikerjakan. 
Terima kasih sudah membaca cara agar wawancara enjoy. Semoga Berhasil by +Bungas Zahid
Tag : News
0 Komentar untuk "Hal yang Harus Di Perhatikan Ketika Ingin Wawancara"

Back To Top